Tempat Wisata Favorit di Jakarta

By | October 12, 2019
Spread the love

TMII Menjadi Tempat Wisata Favorit di Jakarta

Ibu Kota Indonesia, Jakarta, memiliki banyak destinasi wisata keluarga, budaya, edukasi, alam, sampai kuliner. Bagi para pelancong yang memang datang ke Jakarta untuk wisata, sangat mudah menemukan tempat ikonik yang hanya ada di Jakarta ini.

Beberapa tempat bahkan memiliki nilai historis yang kental. Hal ini tentunya menjadikan bukan hanya sekedar wisata, melainkan bisa menjadi wisata edukasi untuk buah hati anda.

Kami akan membagikan beberapa tempat wisata di Jakarta yang wajib kamu kunjungi ketika ke sini karena tempat wisata ini sangat ikonik tidak ada di tempat lain.

Tempat Wisata Favorit di Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Destinasi wisata ini mengusung tema Indonesia sejak berdiri tahun 90’an silam. Di sini, pengunjung bisa menikmati ragam wahana, fasilitas dan lain sebagainya. Wahana populernya ialah Anjungan Daerah, Kereta Gantung, Museum Teater IMAX Keong Mas, dan Teater 4D. Semua wahana di sini didekorasi mirip 33 provinsi di Indonesia. Tiket Masuk TMII relatif murah hanya sekitar Rp10.000-an saja.

TMII sangat cocok dinikmati untuk semua umur, terutama para orang tua yang membawa anak. Tempatnya yang mudah diakses baik dengan kendaraan umum atau pribadi. Taman Mini Indonesia Indah ini buka pukul 07.00-21.00 WIB.

Dunia Fantasi (Dufan)

Dufan berada di area Taman Impian Jaya Ancol dan mengusung tema taman hiburan keluarga. Dufan menawarkan wahana-wahana yang beragam, mayoritas adalah wahana yang memacu adrenalin seperti Halilintar, Tornado, dan Hysteria. Untuk anak-anak atau yang tidak begitu selera dengan wahana tersebut, bisa mencoba wahana lain seperti Rumah Miring, Pontang-Pontang, Poci-Poci atau Turangga Rangga semuanya aman dicoba.

Pungunjung bisa masuk ke Dufan mulai pukul 10.00-18.00 WIB untuk akhir pekan atau hari besar nasional buka hingga 20.00 WIB. Tiket masuk Dufan bisa dibeli secara online lewat situs resmi dufan atau lainnya. Namun, hati-hati terhadap penipuan.

Museum Nasional Indonesia

Museum ini berada di Jakarta Pusat dan menyimpan banyak prasasti, senjata tradisional, arca, gerabah, manuskrip dan lain-lain hasil arkelogis. Museum Nasional Indonesia sudah buka sejak tahun 1778 silam dan kini menjadi salah satu museum terbesar se-Asia Tengara.

Bagian depan Museum Nasional Indonesia adalah patung gajah, hal ini membuat nama museum ini sering diganti oleh masyarakat menjadi Museum Gajah. Selain menawarkan koleksi jama dahulu, di sini juga kerap menggelar kegiatan sejarah dan edukasi seni. Museum buka mulai pukul 08.30-16.00 WIB, khusus hari jumat museum tutup pukul 11.30 WIB.

Monumen Nasional (Monas)

Monas sering menjadi pilihan tempat wisata bagi masyarakat luar kota/negara. Hal tersebut karena Monas merupakan ikon Jakarta. Monumen ini dikelilingi oleh taman yang cukup asri dan di dalamnya dihiasi diorama perjuangan pejuang kita dahulu. Pengunjung bisa naik ke atas Monas, tapi harus bergantian karena selalu ramai apalagi ketika hari libur.

Sejak tahun 2016 silam pemerintah provinsi DKI Jakarta membuka Monas hingga malam hari, jadi pengunjung bisa berwisata malam di sini. Monas dibuka pukul 08.00-22.00, untuk akhir pekan bisa tutup hingga 00.00 WIB. Namun, lift hanya beroperasi sampai 16.00 saja. Lalu hanya melayani 500 penumpang pukul 18.30 WIB.

Kelenteng Jin De Yuan

Kelenteng Jin De Yuan adalah kelenteng paling tua di Indonesia. Dibangun sejak tahun 1650 silam, kelenteng ini didesain cukup rumit dengan campuran banyak warna. Di sini banyak pelajaran sejarah yang bisa kita dapat, terutama tentang Tionghoa. Kini, kelenteng ini juga berfungsi sebagai tempat ibadah, tapi pengunjung masih boleh masuk dan berfoto-foto.